
Layanan listrik atau biasa disebut dengan PLN merupakan satu-satunya layanan listrik yang ada di Indonesia, dimana melayani semua kalangan masyarakat di seluruh pulau. Tentunya pelayanan yang maksimal diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tak heran terdapat juga Call center PLN yang dapat anda hubungi ketika mengalami masalah listrik di rumah anda.
PLN sendiri merupakan perusahaan listrik yang dikelola secara langsung di bawah pemerintah Indonesia, hal ini bukan tanpa alasan mengingat listrik sangat berbahaya sehingga harus dikelola dengan baik dan juga benar. Sehingga dapat digunakan oleh masyarakat dengan aman dan juga nyaman.
Table of Contents
Seputar Layanan PLN
1. Pascabayar
Layanan PLN yang banyak digunakan masyarakat adalah layanan pascabayar, sistem ini telah ada sejak PLN pertama kali berdiri. Dimana anda bisa menggunakan listrik dengan berbagai macam kegunaan, selanjutnya di akhir bulan anda akan di kenakan sejumlah biaya setara dengan penggunaan listrik yang anda pakai.
Baca Juga: Layanan Call Center Bank Mega 24 Jam Layani Nasabah
Kelebihan sistem ini adalah anda bisa menikmati layanan listrik non stop, sehingga tidak akan terputus kecuali anda tidak membayar tarif bulanan. Namun kekurangannya anda tidak bisa mengetahui berapa jumlah penggunaan sebelum biaya bulanan keluar, hal ini sangat tidak cocok digunakan oleh sebuah industri.
2. Prabayar atau Token
Dewasa ini PLN telah mengeluarkan layanan terbarunya yaitu sistem prabayar, dimana menggunakan sebuah token atau pulsa listrik untuk dapat menggunakan listrik di rumah anda. Tentu saja dengan hadirnya sistem ini memiliki kekurangan, kekurangan tersebut adalah aliran listrik dapat mati sewaktu-waktu dikarenakan token telah habis.
Namun di sisi lain sistem prabayar ini bisa membuat anda lebih berhemat, mengingat anda bisa melihat jumlah pemakaian setiap saat. Sangat cocok untuk pertokoan ataupun industri yang anda miliki, selain itu layanan ini juga sangat cocok untuk ruko atau kontrakan. Dimana anda tidak perlu mengisi token lagi, melainkan orang yang menyewa ruko atau kontrakanlah yang akan mengisi token tersebut.
Call Center PLN
1. 123
Bila anda mengalami masalah listrik di rumah anda maka anda bisa menghubungi call center PLN, dimana anda akan segera mendapatkan pelayanan atau bantuan dari PLN setempat. Cara menggunakan call center juga sangat mudah yaitu menggunakan nomor 123, anda dapat menghubungi nomor tersebut menggunakan telepon rumah ataupun handphone anda.
Baca Juga: Cara Menghubungi Call Center BCA 24 Jam Layani Nasabah
Dengan menggunakan nomor tersebut anda bisa menghubungi kantor pusat PLN, nyatakan keluhan anda dan pihak PLN pusat akan menerjunkan petugas PLN setempat langsung ke rumah anda. Sebaiknya menggunakan nomor ini bila keadaan yang genting saja, selain itu anda bisa menggunakan telepon rumah agar tidak terkena biaya telepon ke kantor PLN tersebut.
2. Kode Area dan 123
Bila anda menggunakan handphone ada baiknya melakukan cara telepon kantor PLN terdekat, caranya tambahkan kode area wilayah anda dan diikuti nomor 123. Untuk mengetahui kode area anda bisa melihatnya dibkantor PLN terdekat, hal ini menyebabkan kurang cocok untuk anda gunakan secara cepat dan spontan.
Usahakanlah catat nomor atau kode PLN di sekitar rumah anda, sehingga bisa anda gunakan saat anda sedang membutuhkan. Namun jangan khawatir bila anda tidak mengetahui kode tersebut, anda bisa menggunakan cara alternatif yaitu membuka website PLN. Disitu anda bisa melihat nomor atau kode di daerah anda, sehingga tidak perlu repot memeriksanya secara langsung di kantor terdekat.
Cara Menghubungi PLN
1. Melalui Email
Bukan hanya melalui Call center PLN saja, namun anda juga bisa menghubungi PLN melalui email dan juga website resmi PLN. Dimana PLN memiliki website resmi bernama www.pln.co.id, sedangkan email dari PLN adalah [email protected]. Disini anda bisa melihat beragam fitur serta layanan yang diberikan oleh PLN.
Pelayanan seperti pemasangan listrik, mengubah daya, menerapkan sistem prabayar, dan lain sebagainya bisa anda lakukan menggunakan website ataupun email tersebut. Dimana pihak PLN akan menanggapi permintaan anda, sehingga akan terdapat petugas PLN yang akan datang langsung ke rumah anda untuk membantu segala hal tentang layanan listrik di rumah anda tersebut.
2. Sosial Media
Bila anda memiliki kritik dan saran maka anda bisa menggunakan sosial media untuk menyampaikannya, jangan khawatir karena PLN memiliki sosial media yang sangat lengkap mulai dari facebook, instagram, twitter, hingga youtube. Tentunya hal ini bisa anda manfaatkan untik menyampaikan kritik dan saran tentang layanan listrik yang diberikan oleh PLN kepada anda.
Baca Juga: Cara Menghubungi Call Center BRI 24 Jam Layani Nasabah
Dengan kritik dan saran anda tentu saja akan membuat PLN semakin berbenah, sehingga nantinya bisa melayani segala kebutuhan listrik anda menjadi lebih baik lagi. Selain itu dengan sosial media tersebut anda juga dapat meninjau kerja dari PLN, sehingga anda bisa lebih tahu tentang segala fitur serta layanan yang disediakan oleh PLN tersebut.