6 Tools Berbayar dan Gratis Buat Digital Marketer & Data Analis

Diposting pada

ilustrasi wanita menggunakan laptop dan ponsel

Jakarta

Saat ini banyak pekerjaan yang tidak lepas dari berbagai software dan tools online untuk mempermudah proses kerja, yaitu digital marketing dan analisis data.

Alat yang ditawarkan memiliki beragam fungsi, antara lain alat untuk menguji ide konten, penelitian hashtag, analisis media sosial, mengelola proyek secara online, perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan tim, dan visualisasi data yang kompleks.

Beberapa alat perangkat lunak ini berbayar, dan banyak yang gratis. Biaya yang ditawarkan bervariasi mulai dari puluhan atau ratusan ribu hingga jutaan tergantung kebutuhannya.

Berikut adalah tip untuk banyak alat pemasaran digital dan analis data berbayar dan gratis.

1. Meneliti ide konten

Dalam proses pembuatan konten, diperlukan riset untuk membuat rencana media sosial, mood board, atau referensi konten. Untuk menemukan ide yang berbeda, pemasar digital membutuhkan alat untuk meneliti dan mengembangkan ide konten.

Versi berbayar: BuzzSumo

Buzzsumo adalah platform berbasis cloud yang membantu Anda menemukan konten dengan interaksi terbaik di media sosial dan pencarian Google. Alat ini sering digunakan oleh perusahaan untuk riset konten pada artikel, blog, influencer, dan postingan di media sosial.

Biaya penggunaan BuzzSumo mulai dari USD0 – USD299 per bulan tergantung kebutuhan Anda.

Versi gratis: Ide konten

2. Penelitian yang berpengaruh

Influencer adalah salah satu pemain terpenting dalam pemasaran digital, terutama di media sosial. Dengan menjamurnya influencer, banyak yang menjadi brand KOL (Key Opinion Leader), namun prosesnya tidak sesederhana itu. Dengan alat riset influencer, perusahaan dan merek dapat dengan mudah meneliti opsi influencer yang berbeda tanpa membuang waktu untuk meneliti masing-masing.

Penting dibaca:  Cara Download Lagu TikTok Tanpa MusicallyDown, Ini Penjelasannya

Versi berbayar: HypeAuditor

HypeAuditor adalah platform berbasis AI yang dapat menganalisis dan membaca statistik influencer media sosial di berbagai platform dan saluran. Selain itu, HypeAuditor dapat mengelola dan menganalisis setiap kampanye pemasaran influencer.

Versi gratis:
Pelacak Sosial & Pedang Sosial

3. Menemukan stok video

Dengan semakin populernya konten berbasis video di kalangan anak muda, konten video tidak diragukan lagi merupakan strategi yang ampuh untuk pemasaran digital. Selain video yang direkam sendiri, sebagian besar konten video digabungkan dengan video stok. Kemudahan mencari stok video populer karena beragamnya tema. Mulai dari bisnis, keindahan alam, gaya hidup, hewan hingga video udara dan Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengunduhnya di mana saja.

Versi berbayar: Envato

Envato adalah platform online yang menyediakan aset kreatif, template desain, hingga pekerja lepas di bidang kreatif. Produknya berkisar dari stok video, foto dan audio, hingga template grafis, tema situs web siap pakai, dan pekerja lepas. Biaya penggunaan Envato berupa langganan bulanan atau tahunan.

Versi gratis: penutup

4. Mengelola proyek

Terlalu banyak proyek yang tidak direncanakan dengan baik dapat menyebabkan kesalahan yang fatal, terutama untuk proyek dengan banyak klien, seperti di sebuah agensi. Mengelola proyek dengan baik dan bersih bersama tim membuat pekerjaan lebih mudah dengan hasil yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa alat untuk membantu Anda mengelola proyek secara online.

Versi berbayar: Asana

Asana adalah platform manajemen proyek dengan lebih dari 200 integrasi untuk menyediakan segalanya mulai dari komunikasi tim, kolaborasi, koordinasi antar proyek, hingga alur kerja pribadi dari awal hingga akhir. Biaya asana dibagi menjadi empat kelompok, yaitu dasar, premium, bisnis dan perusahaan.

Penting dibaca:  7 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot, Bisa Dicoba

Versi gratis: Papan fokus

5. Mengolah data

Mengumpulkan dan memproses data adalah tugas wajib di hampir setiap pekerjaan. Tidak hanya analis data tetapi juga di pemasaran, keuangan, perbankan, bahkan di bidang F&B mereka menggunakan alat untuk memasukkan data penting sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain untuk mengolah, tools di bawah ini berguna untuk menganalisis data, menyimpan informasi berharga, dan melihat perkembangan bisnis. Berikut adalah beberapa alat untuk mengonversi data dari berbayar menjadi gratis.

Versi berbayar: Microsoft Excel

Microsoft Excel sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Sedikit berbeda dengan alat lainnya, ini adalah software spreadsheet dari Microsoft yang terkadang disertakan di perangkat laptop Windows. Sebagai salah satu perangkat lunak pengolah data terkemuka, Excel dapat memproses data dalam jumlah besar dan memiliki alat canggih untuk analisis statistik dan visualisasi data. Pembayaran dilakukan dalam bentuk langganan bulanan atau tahunan.

Versi gratis:
Apache OpenOffice dan Google Spreadsheet

6. Visualisasi data

Sebagai analis data, orang lain dalam tim atau perusahaan perlu memahami dan menganalisis data yang perlu disajikan secara grafis. Visualisasi data ini sering mengandung wawasan berharga yang menjadi dasar untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Anda dapat menggunakan banyak alat untuk melihat data yang kompleks, versi berbayar dan gratis.

Versi berbayar: Tableau

Tableau adalah platform analitik visual yang membantu orang atau organisasi memecahkan masalah dengan data. Karena banyak perusahaan teknologi berbasis data telah didirikan, Tableau hadir untuk memberikan intelijen bisnis modern yang memudahkan individu untuk menganalisis dan mengelola data dengan cepat. Biaya penggunaan Tableau dibagi menjadi tiga kelompok: individu, tim dan organisasi, dan analitik tersemat.

Penting dibaca:  5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Ngecas HP

Versi gratis: Apache Superset atau Grafana Labs

*) Vazrina Putri adalah digital PR executive di startup pendidikan. RevoU.

Menonton video”Rahasia ‘S3 Marketing’ di Media Sosial
[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Penting Dibaca Tips Dan Trik Terbaru untuk Android Anda