Jakarta –
Microsoft Excel Ini adalah perangkat lunak pengolah data dalam bentuk angka. Biasanya Microsoft Excel digunakan untuk keperluan manajemen dan sebagainya. Seseorang dengan tugas sebagai manajer harus memahami rumus-rumus di Excel.
Administrator sendiri adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut staf atau manajer administrasi. Tugas administrator adalah manajemen administrasi, pembuatan laporan, akuntansi dasar.
Manajer harus teliti dan rinci. Oleh karena itu, administrator harus dapat mengoperasikan perangkat lunak pengolah data seperti Microsoft Excel. Lalu, rumus excel apa saja yang paling sering digunakan oleh para manager?
Ada berbagai rumus Excel yang harus diketahui oleh administrator. Misalnya IF, VLOOKUP, HLOOKUP, SUM, AVERAGE, dan sebagainya simak pembahasannya di bawah ini.
7 rumus excel untuk manajemen
Ada banyak rumus Excel yang umum. Rumus Excel adalah rumus dasar yang digunakan sebagian besar oleh manajer. Berikut paketinternet.id mencoba merangkum 7 rumus Excel yang harus dipelajari seorang manager.
1. Jika
Jika rumus excel sendiri memiliki fungsi untuk menganalisa parameter pada data. Seringkali rumus IF akan menghasilkan jawaban ‘Benar/Salah’ atau ‘Lulus/Gagal’.
Jika rumus
= jika (tes_logika,[value_if_true],[value_if_false])
Jika aplikasi
=IF(5 “benar” =IF(5>6 “benar” “salah”) > “salah”
2.VLOOKUP
Rumus selanjutnya adalah VLOOKUP. VLOOKUP memiliki fungsi untuk mencari atau menampilkan data dari susunan tabel vertikal.
Rumus VLOOKUP
=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)
aplikasi VLOOKUP
=VLOOKUP(B10;A4:C6;2;FALSE)
3. HLOOKUP
HLOOKUP memiliki fungsi yang mirip dengan VLOOKUP, yaitu mencari atau menampilkan informasi. Jika VLOOKUP untuk data vertikal, HLOOKUP untuk data horizontal.
Rumus HLOOKUP
=HLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)
aplikasi HLOOKUP
= HLOOKUP(A8;A2:E6;3;FALSE)
4. JUMLAH
SUM adalah rumus Excel yang memiliki fungsi menjumlahkan angka dari sel tertentu yang dipilih.
rumus JUMLAH
=SUM(bilangan1:bilangan2)
aplikasi SUM
=JUMLAH(A2:A3:A4)
5. SUMIF
Rumus selanjutnya masih berkaitan dengan SUM, yaitu SUMIF. SUMIF memiliki fungsi menambahkan angka dari sel tertentu, tetapi menambahkan parameter tertentu.
rumus SUMIF
=SUMIF(rentang; kriteria;[sum_range])
Penerapan SUMIF
=SUMIF(B3:B16,surabaya,D3:D16)
‘Surabaya’ adalah contoh kriteria lokasi saat menerapkan rumus SUMIF di atas.
6. JUMLAH
COUNT sendiri digunakan untuk menghitung jumlah data dalam bentuk numerik saja.
rumus COUNT
=COUNT(nilai1;[value2];…)
aplikasi COUNT
=JUMLAH(D3:F7)
7. Rata-rata
Rumus terakhir dari “7 Rumus Excel Dasar untuk dipelajari Admin” memiliki fungsi untuk menghitung jumlah nilai rata-rata dari sel yang terdaftar.
Formula rata-rata
=Rata-Rata(angka1:angka2:…)
aplikasi RATA-RATA
=Rata-rata(B6;C6;D6;E6)
Calon, bagi anda yang admin, harus memahami rumus dasar di atas. Itulah rumus dasar yang harus diketahui oleh pengelola. Sebenarnya masih ada rumus lain di Excel, namun tujuh rumus di atas sering digunakan oleh para manager.
Menonton video”Pada tahun 2030, sepertiga rumah di Jepang akan kosong“
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)
Penting Dibaca Tips Dan Trik Terbaru untuk Android Anda